Minggu, 01 Januari 2017

Buku "Tanah Para Pendekar"

Buku yang berjudul "Tanah Para Pendekar" yang berisikan kisah petualangan ELio Modigliani di Nias Selatan Tahun 1886. Buku ini diterjemahkan oleh Vanni Puccioni dalam bahasa Indonesia, bagi siapa yang tertarik dan ingin memiliki buku ini silahkan datang dan beli di Museum Pusaka Nias.

Secara ringkas tentang buku ini ''Kawasan elok di Selatan Sumatera itu ooleh para petualang Eropa di abad kesembilan belas dikenal sebagai tanah "liar", rumah para jagoan yang tak segan memengal kepala, para pendekar yang bahkan tak dapar di taklukan pemerintah kKolonial Belanda. Namun Elio Modligani, seorang penjelajah muda dari Italia, menjejakan kaki disana serta keluar-masuk dari satu desa ke desa lain dan pulang dalam keadaan utuh. Didampingi empat pemburu sewaan dari Jawa, Mdigliani tak hanya berhasil mendokumentasikan aspek kehidupan dan budaya Nias, tetapi jug diam-diam membawa pulang 26 tengkorak manusia yang kemudian di sumbagkan ke Museum Nasinal Antrplgi dan Etnografi di Flrence untuk riset mereka.

Pertanyaan besarnya, mengapa Modigliani tak terbunuh, padahal para petualang lain harus kocar-kacir menyelamatkan diri?

Kini Vanni Puccioni, cucu direktur museum yang memamerkan hasil ekspedisi Modidliani, memutuskan untuk mengikuti jejaknya dan menelusuri kembali ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi sang penjelajah. 
Tujuannya satu: mengunkap bagaimana Modigliani dapat bertahan di antara pendekar itu.
(Filemon S. Hulu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar