Kamis, 03 Maret 2016

FILEMON SOALISOKHI HULU, S.Pd.


           Lahir 12 Desember 1991 di Desa Hoya, Kecamatan Sidua ori, Kabupaten Nias Selatan. Saat ini berdomisili di Gunungsitoli, JLN Yos. Sudarsdo. Terus berupaya berkarya untuk daerah tercinta, Pulau Nias, serta untuk NKRI. Ia menyukai hal-hal tentang budaya, memandu para wisatawan yang berkunjung di Pulau Nias baik Domestik maupun Mancenegara. Kegiatan sehari-sehari melakukan pemanduan wisatawan yang berkunjung di ruang pameran, dan wisatawan yang ingin keliling pulau Nias. Selain melakukan pemanduan wisata dia juga sedang mempersiapkan diri untuk mewakili Orang Muda Katolik Indonesia ke Polandia bersama Sembilan orang muda lainnya pada bulan Juli mendatang, pada kesempatan itu nanti dia bersama kawan-kawan orang muda lainnya mempresentasikan budaya kita di Belanda dan Polandia terutama tarian Maenad an lagu-lagu legendaries Nias.
Dia anak keenam dari enam bersaudara anak dari Ayah Faogombowo Hulu (+) dan Ibu Gatinawua Baene (+). Dia memulai pendidikannya di SD Gui-gui pada tahun 1997, kemudian tahun 2000 pindah sekolah di SD Sifaoroasi Gomo dan pada tahun 2003 tamat dari sekolah SD Sifaoroasi Gomo. Pada tahun 2003, dia melanjutkan sekolahnya di SMP Bintang laut Teluk dalam, tahun 2006 tamat SMP kemudian 2006-2009 melanjut sekolah Menengah Atas di SMA swasta St. Fransiskus Aek Tolang pandan, Tap-teng sambil mengayam pendidikan di Seminari Menengah St. Petrus Aek Tolang. Setelah tamat SMA pada tahun 2009-2015 dia melanjutkan studi di IKIP Gunungsitoli sambil bekerja di museum Pusaka Nias sebagai karyawan lepas dan Pemandu wisata hingga sekarang.
Dia juga pernah ikut dalam berbagai organisasi dan lembaga. 2006-2009 Seminari menengah St. Petrus, 2007 mewngikuti ujian pendadaran THS ULK St. Petrus Aek Tolang, 2009-2010 Mengikuti MAPER GMKI ke VI di Omo Bale Museum Pusaka Nias, 2010 mengikuti Seminar Johaniter, 2011 mengikuti kegiatan Karate di KODIM yang dilatih oleh Mr. Febonijaya Lase, 2011 Mengikuti latihan THS di Cabang Gunungsitoli, 2011 aktif dalam KMK (Keluarga Mahasiswa Katolik), 2011 mengikuti Ujian sertifikat Komputer, 2009-sekarang aktif dalam kegiatan OMK St. Fransiskus Laverna Asisi Gunungsitoli.
Objek wisata yang sudah pernah dikunjungi  Boronadu, Megaltih Tetegewo, Megalith Tundrumbaho, Megalith Lahusa Idano Tae, Hilinawalo Mazino, Orahili, Hiliamaeta,  Bawomataluo, Lahusa Fau, Siwalawa, Ono Hondro, Hilinawalo Fau, Bawogosali, Hilisimaetano, Sorake Beach, Lagundri Beach, Omohada & Megalith Onolimbu, Megalith Tuhemberua Mandrehe, Megalith Hiligoe, Megalith Olayama, Gunung tertinggi Dao-dao, Gunung tertinggi Nias di Lolomatua, Tumori, Kara sangadulo, Ombolata, Omo hada anaoma, Pantai Bunda, Pantai dan Puncak Laowomaru, Pantai Nusalima, Pantai Simanaere/Malaga/Marina, Pantai/Resto/Hotel Kaliki, Karlita, Muara Indah, Panai Hoya, Pantai Fofola, Pantai Pasir berbunyi, Pantai Indah Tureloto, Puncak gunung tertinggi Nias Utara Hilimajiaya. Selain objek wisata local juga pernah mengunjungi objek wisata di luar Nias seperti Pantai Pandan, Tangga Seratus, Pulau sigale-gale, Permandian di sungai batang Toru, PLTU tapteng, Hutanabolong, Pelabuhan Barus, Batu lobang,  Graha Maria Anna Velangkanni, Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara, Taman Ahmad Yani Medan masih sejauh itu objek ynag di jalani dan berencana akan keliling objek wisata Indonesia seperti Raja Empat, Taman Mini, Monas dan keliling Dunia seperti Benua Eropa, dan rencana bulan juli akan berkunjung ke Belanda tepatnya di Tilburg dan skipol dan Polandia tepatnya di Kracow.
Bawomataluo

Hilisimaetano

Gomo

Tundrumbaho

Lahusa Idano Tae

Tetegewo

Hiligoe

Hilinawalo Mazino
Berbagai prestasi yang telah di raih, Sertifikat Pidato Bahasa Inggris pada tahun 2007 ditandatangani oleh kepala Sekolah SMA St. Fransiskus Aek Tolang, Sertifikat Pencak silat THS tahun 2007 ditandatangani oleh Fr. Leo. Sertifikat keanggotaan GMKI tahun 2010, sertifikat telah mengikuti seminar Johaniter pada tahun 2010, sertifikat telah mengikuti seminar ketahanan kebudayaan tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar