Senin, 26 September 2016

Pemahaman Budaya di Museum Pusaka Nias 2016

Selamat datang kepada SDN 07117 ONOLIMBU  dan SDN 071096 MANDREHE di Museum Pusaka Nias, selamat mengikuti kegiatan pemahamam Budaya Nias.

Kegiatan pemahaman budaya ini telah di mulai sejak tahun 2009 atas relasi P. Johannes dengan Lembaga dok. sebagai donatur dari Jerman dan di fasilitasi oleh Museum Pusaka Nias.
Pemahaman budaya ini biasanya di lakukan sekali dalam setahun secara bergilir dari berbagai kabupaten yang ada di Pulau Nias, tahun sebelumnya merupakan giliran dari SD Kabupaten Nias Utara dan pada tahun ini SD dari Kabupaten Nias Barat.
Pemahaman budaya yang dilaksanakan museum pada tahun ini telah dibuka Pada tanggal 12 September 2016 oleh P. Metodius Sarumaha, OFMCap. Sebagai badan Pengurus Yayasan Pusaka Nias.
Sekolah yang telah selesai mengikuti pemahaman budaya pada tahun ini yaitu 8 sekolah termasuk SD TUWUNA dan SD ONONAMOLO II, dan ada beberapa lagi sekolah yang belum selesai.
Peserta di pilih dari kelas V dan kelas VI, 25 orang dari setiap sekolah di tambah 2 orang Guru pendamping. Kemudian Peserta biasanya tiba di lokasi Museum paling lambat pukul 17.00 WIB dan menginap di Rumah adat yang telah disediakan di Museum Pusaka Nias, pada malam hari di jadwalkan untuk pemutaran Film tentang Hidup menurut Tradisi Nias (Life According Nias Tradition), pemutaran film ini biasanya di Pandu oleh Bapak Arozanolo Gulo, A.Md. dan Bapak Faozisokhi Laia, SE.,
Rangkain acara pemahaman budaya ini biasanya di mulai dengan kegiatan Registrasi anggota oleh saya sendiri Filemon S. Hulu dan Bobby Fernando Telaumbanua pada pukul 16.30 sekaligus pemaparan jadwal kegiatan mulai hari pertama hingga hari berikutnya.
Berikut foto-foto dari kegiatan pemahaman budaya di Museum Pusaka Nias.

























Harapan bersama dengan mengadakan pemahaman budaya kepada siswa/i, mereka mampu menjadi generasi penerus dan sambung tangan Museum Pusaka Nias untuk melestarikan budaya Nias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar